Senin, 27 Juni 2011

Uang Dinar Emas dan Dirham Perak – Solusi Islam Mengatasi Riba dan Inflasi/Kemiskinan


Islam adalah agama yang lengkap dan sempurna. Dalam hal ekonomi atau mata uangpun Allah dan RasulNya mengajarkan kepada kita sehingga bisa didapat masyarakat yang sejahtera. Meninggalkannya hanya akan mendapat murka di dunia dan juga diakhirat. Islam mengajarkan kita untuk memakai uang emas Dinar (4,25 gram emas 22 karat), uang perak Dirham (2,975 gram perak), dan uang Fulus (koin tembaga atau logam lain yang nilainya di bawah Dirham).


Satu penyebab kemiskinan adalah inflasi. Yaitu turunnya nilai mata uang dibanding dengan harga barang-barang yang jadi kebutuhan rakyat. Sebagai contoh, tahun 1990 harga nasi+telor di warung Tegal paling cuma Rp 500. Di tahun 2013 ini nilainya jadi Rp 8.000. Padahal banyak orang yang gajinya tidak naik selama kurun waktu tersebut. Kalau pun ada yang naik, tidak sebesar kenaikan harga barang.


Artinya jika dengan uang Rp 45 ribu orang bisa makan 90x (3x sehari) pada tahun 1990, maka pada tahun 2013 dia hanya bisa makan 5x (2 hari) saja!


Akibat berbagai kenaikan harga barang yang sudah jadi “Kebijakan” Pemerintah, maka nilai rupiah terus menurun. Jika sebelum Krisis Moneter tahun 1997-1998 nilai rupiah adalah sekitar Rp 2.200 per 1 US$, sekarang nilainya turun jadi Rp 9.500 per 1 US$. Ini adalah “Kebijakan Pemiskinan Massal” melalui kebijakan kenaikan harga yang mendorong turunnya nilai rupiah atau inflasi.


100 Trilyun Dolar Zimbabwe = US$ 5 (Rp 45.000)!Tahun 1970 kita bisa naik haji dengan biaya Rp 182 ribu. Tahun 2011 ONH naik jadi Rp 31 juta. Dalam 40 tahun naik 170x lipat. Tahun 1970 orang yang gajinya Rp 182 ribu/bulan adalah para direktur. Sekarang di tahun 2010 ini jangankan digaji Rp 182 ribu. Digaji Rp 400 ribu/bulan pun banyak pembantu yang ogah! Ini karena nilai rupiah yang terus turun.


Zimbabwe bahkan mengalami inflasi besar-besaran. Jika tahun 2003,  USD 1 = 697.42 Zimbabwe Dollar., tahun 2008 nilai tukarnya jadi USD 1 = 3.333.333.333.333 Zimbabwe Dollar! Foto di bawah menunjukkan seseorang harus menghitung segepok uang @500.000 dollar Zimbabwe hanya untuk membeli setandan pisang!


Inflasi sangat tinggi dan terjadi setiap jam dan menghancurkan perekonomian Zimbabwe. Anehnya Zimbabwe sebetulnya punya kekayaan alam seperti Asbes, Chrom, Batubara, Cobalt, Tembaga, Emas, Grafit, Besi, Nikel, emas, dan timah. Dengan jumlah penduduk hanya 13 juta jiwa dan luas 390 ribu km2, harusnya Zimbabwe jadi negara kaya. Namun mata uang kertas yang lemah yang ditentukan oleh para spekulan uang membuat miskin negara tersebut!


Zimbabwe Dollar


Bukan hanya uang kertas rupiah yang turun, tapi juga Dollar yang merupakan Fiat Money (tidak dijamin emas/perak) juga mengalami inflasi. Nilai 1 US$ pada tahun 1900, di tahun 2000 ini cuma jadi US$ 0,04 saja atau susut sampai 96%!


Agar nilai uang kertas yang secara riel/intrinsik nyaris tidak berharga itu (cuma senilai kertas+tinta), maka Bank Sentral mengeluarkan bunga SBI (Sertifikat Bank Indonesia) atau kalau di AS namanya The Fed’s rate (The Federal Reserve Bank’s Interest Rate) untuk mengontrol jumlah uang yang beredar. Namun pada akhirnya karena bunga harus dibayar beserta pokoknya, maka jumlah uang beredar pun bertambah dan berakibat inflasi.


Mencetak Uang Dollar


Sebaliknya, Islam biasa menggunakan emas dan perak sebagai mata uang Dinar dan Dirham. Pada zakat yang jadi patokan juga emas dan perak. Misalnya nisab emas untuk zakat adalah 85 gram emas. Bukan uang kertas. Akibatnya nilainya selalu relevan. Tidak terlalu kecil, tidak pula terlalu besar.


Emas dan Perak karena punya nilai riel dibanding kertas, lebih stabil dan lebih tahan terhadap inflasi. Contohnya, 1 dinar (4,25 gram emas 22 karat) pada zaman Nabi bisa dipakai untuk membeli 1-2 ekor kambing. Ada satu hadits yang merupakan bukti sejarah stabilitas uang dinar di Hadits Riwayat Bukhari sebagai berikut:


”Ali bin Abdullah menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Syahib bin Gharqadah menceritakan kepada kami, ia berkata, “Saya mendengar penduduk bercerita tentang ’Urwah, bahwa Nabi saw. memberikan uang satu Dinar kepadanya agar dibelikan seekor kambing untuk beliau, lalu dengan uang tersebut ia membeli dua ekor kambing, kemudian ia jual satu ekor dengan harga satu Dinar. Ia pulang membawa satu Dinar dan satu ekor kambing. Nabi saw. mendoakannya dengan keberkatan dalam jual belinya. Seandainya ‘Urwah membeli tanahpun, ia pasti beruntung.” (H.R.Bukhari)


Mencetak Uang


Saat ini pun dengan kurs 1 dinar=Rp 1,7 juta, kita bisa mendapat 1 kambing besar atau 2 ekor kambing kecil. Stabil bukan?


Begitu pula stabilitas uang perak Dirham (2,975 gram perak) bisa kita buktikan pada surat Al Kahfi ayat 19:


“…Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu…” [Al Kahfi 19]


Nah dengan asumsi pemuda tersebut membawa 3 uang perak/dirham yang saat ini nilainya Rp 40.000 dan jumlah pemudanya 5 orang, maka harga makanan per porsinya sekitar Rp 24.000 saja. Tidak jauh beda dengan makanan sekarang untuk kurun waktu ribuan tahun.




[caption id="" align="alignnone" width="553"]Hyper Inflation Karena inflasi tinggi orang memakai gerobak untuk membawa uang kertasnya.[/caption]

Ini jauh beda dengan dollar di mana dalam kurun waktu 100 tahun saja nilainya tinggal 0,04 dari sebelumnya. Jadi jika kita di tahun 1900 bisa beli 1 porsi makanan dengan nilai US$ 0,25 (1/4 dollar), tahun 2000 harus US$ 10!


Jadi jika kita menjual barang dengan uang dinar dan dirham, kita tidak perlu repot menaikkan harga lagi. Sebab nilai uang kita otomatis mengikuti nilai-nilai barang lainnya karena sama-sama barang/commodity money.


Para buruh juga tidak perlu lagi demo minta kenaikan gaji karena dengan gaji dinar/dirham, gaji mereka tidak digerus inflasi sebagaimana yang terjadi pada uang kertas/Fiat Money.


Sebetulnya emas dan perak sudah biasa digunakan di berbagai negara baik di Eropa dan Amerika dari sebelum kekaisaran Romawi hingga abad 19:
http://en.wikipedia.org/wiki/Gold_standard


Penggunaan uang kertas yang tidak dijamin emas/perak biasanya karena perang seperti pada Perang Saudara di AS mau pun pada Perang Dunia. Mereka membutuhkan banyak uang lebih daripada emas dan perak yang mereka miliki. Akibatnya inflasi hebat dan depresi ekonomi melanda negara-negara tersebut.


Dengan memiliki banyak tambang emas, perak, dan tembaga, harusnya bangsa Indonesia bisa memiliki mata uang emas, perak, dan tembaga yang kuat dan stabil untuk memakmurkan rakyatnya. Tidak perlu lagi mengemis uang kertas dollar yang sebetulnya tidak berharga kepada para investor asing dengan menggadaikan kekayaan alam, BUMN, dan perekonomian Indonesia ke pihak asing/kafir.





Beberapa Kontroversi Tentang Penggunaan Uang Emas dan Perak


Jumlah Emas Kurang?


Ada yang menyatakan bahwa jumlah emas yang pernah ditambang dan diproduksi hanya 142 metrik ton atau senilai US$ 4,5 trilyun (jika harga emas per kg = US$ 32.500). Menurut mereka jumlah itu kurang.
Padahal jika dibagi untuk 7 milyar manusia, maka tiap manusia mendapat  sekitar Rp 5,85 juta atau 20 gram emas. Tiap keluarga (suami-istri+2 anak) berarti punya Rp 23,5 juta.


Itu baru dari emas. Belum dari uang perak dan tembaga. Karena Islam tidak hanya memakai emas. Tapi juga perak (dirham) dan tembaga (fulus) untuk mata uangnya. Jika digabung dengan uang perak dan tembaga, tiap keluarga bisa memiliki uang senilai Rp 70 juta. Itu sudah jauh dari mencukupi mengingat dalam Islam uang itu berfungsi sebagai alat tukar/jual-beli. Bukan untuk disimpan.


Stabilitas uang dinar dan perak sebagaimana ditunjukkan di atas, berdasarkan hukum Supply and Demand menunjukkan bahwa jumlahnya stabil/sesuai pertumbuhan jumlah penduduk. Tidak kurang. Tidak juga berlebih.


AS masih memakai emas untuk menjamin uangnya hingga tahun 1934:
Is U.S. currency still backed by gold?

Federal Reserve notes are not redeemable in gold, silver, or any other commodity. Federal Reserve notes have not been redeemable in gold since January 30, 1934, when the Congress amended Section 16 of the Federal Reserve Act to read: "The said [Federal Reserve] notes shall be obligations of the United States….They shall be redeemed in lawful money on demand at the Treasury Department of the United States, in the city of Washington, District of Columbia, or at any Federal Reserve bank." Federal Reserve notes have not been redeemable in silver since the 1960s.
http://www.federalreserve.gov/faqs/currency_12770.htm



Sekarang beberapa negara bagian AS seperti Utah sudah memakai emas dan perak sbg mata uangnya karena takut dollar AS yg dari kertas itu hancur sejak 2011. Kemudian diikuti negara2 bagian lain seperti Minesotta, North Carolina, Idaho, dsb:

http://news.yahoo.com/arizona-lawmakers-back-gold-silver-233837866.html

In 2011, Utah became the first state in the country to legalize gold and silver coins as currency. Lawmakers in Minnesota, North Carolina, Idaho, South Carolina, Colorado and other states have debated similar laws in recent years.

Sekarang 13 negara Bagian AS ingin mengikuti Utah yg sudah memakai emas dan perak sbg mata uangnya:

NEW YORK (CNNMoney) -- A growing number of states are seeking shiny new currencies made of silver and gold.
Worried that the Federal Reserve and the U.S. dollar are on the brink of collapse, lawmakers from 13 states, including Minnesota, Tennessee, Iowa, South Carolina and Georgia, are seeking approval from their state governments to either issue their own alternative currency or explore it as an option. Just three years ago, only three states had similar proposals in place.


http://money.cnn.com/2012/02/03/pf/states_currencies/index.htm

Membawa Uang Emas Repot dan Berat?


Ada yang bilang kalau bawa uang emas repot dan berat. Memang berapa banyak uang yang dia bawa?


Sebagai contoh, berat uang kertas sekitar 1 gram. Jadi dengan membawa 1 gram uang kertas, paling banyak kita membawa Rp 100.000. Sementara 1 gram emas itu harganya sekitar Rp 450.000. Artinya jika untuk membawa uang Rp 100 juta kita harus membawa 1 kg uang kertas Rp 100.000. Dengan membawa uang emas kita cukup membawa 0,22 kg uang emas saja. Tapi jarang ada orang yang mau membawa uang Rp 100 juta di dompetnya.


Emas dan Perak Tidak Cocok untuk Jadi Mata Uang?


Sebenarnya emas dan perak sudah dijadikan mata uang di berbagai dunia selama ribuan tahun. Bahkan AS sendiri menggunakan emas sebagai jaminan uang kertas mereka hingga 40 tahun lalu. Saat presiden AS Nixon mencabut emas sebagai jaminan di bulan Agustus 1971, baru uang Dollar AS benar-benar menjadi Fiat Money. Uang kertas yang tidak dijamin emas atau pun perak. Nilainya ditentukan oleh para spekulan pasar. Jadi baru 40 tahun terakhir saja dunia hidup dengan uang kertas Fiat Money.


Celakanya kaum Yahudi melalui keluarga Rothschild dan Rockefeller memegang Bank Sentral AS, The Fed, dan berbagai Bank Sentral di seluruh dunia. Dengan cara itu, mereka bisa mencetak kertas yang tidak berharga menjadi uang yang dianggap bernilai. Hanya mereka yang berhak mencetak uang. Ada pun pihak lain, meski menggunakan tinta dan kertas yang sama atau lebih mahal, tetap dianggap uang palsu dan merupakan kejahatan.


Dengan uang itu mereka membiayai kampanye para politikus/kandidat presiden sehingga bisa jadi boneka mereka. Dengan uang itu mereka bisa membeli berbagai perusahaan dan menguasai kekayaan alam di seluruh dunia.


Mata Uang Emas dan Perak Hanya Mata Uang Islam?


Sebetulnya mata uang emas dan perak dipakai di seluruh dunia di berbagai zaman. Bukan hanya di kalangan Muslim. Sebagai contoh di Alkitab ditulis:


Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" [Kisah Para Rasul 3:6]


Pada beberapa versi lain, kata "Emas dan perak" langsung diterjemahkan sebagai uang atau uang emas dan uang perak.


Di lagu "London Bridge is Falling Down" juga ditulis "Gold and Silver I have none". Jadi emas dan perak yang merupakan logam mulia yang berharga merupakan mata uang yang universal.


Kekaisaran Romawi biasa memakai emas, perak, dan perunggu sebagai mata uang mereka. Bahkan nama uang Romawi, Denarius, mirip dengan nama uang Dinar.


Bagaimana dengan Negara yang Tidak Punya Tambang Emas atau Perak?


Ada orang yang menganggap penggunaan mata uang emas dan perak tidak praktis bagi negara-negara yang tidak memiliki tambang emas dan perak. Ini keliru. Buktinya negara-negara seperti Singapura dan Jepang yang nyaris tidak memiliki tambang emas dan perak, mereka tetap punya banyak emas dan perak. Wanita-wanita mereka tetap bisa mengenakan cincin dan kalung emas. Ini karena mereka bisa menjual produk/jasa yang mereka miliki sehingga mereka bisa mendapatkan emas dan perak.


Bagaimana Dinar Emas bisa Mengatasi Riba?


Ada yang bertanya bagaimana uang Dinar Emas bisa mengatasi riba? Bukankah larangan Riba terjadi saat mata uang dinar emas dan dirham perak diberlakukan?


Riba pada saat uang dinar dan dirham itu hanya dilakukan oleh orang-orang yang serakah. Meski uang emas dan perak nilainya stabil terhadap harga-harga barang lainnya, namun mereka tetap melakukan riba.


Sedang sekarang, Riba menggila karena memang uang kertas itu nilainya susut/inflasi sekitar 20%/tahun.


Pada tahun 1970 harga emas Rp 480/gram sedang ongkos naik haji Rp 182.000. 41 tahun kemudian di tahun 2011 sebesar Rp 30 juta dan harga emas Rp 450.000/gram.


Artinya, jika seseorang meminjamkan uang Rp 450.000 di tahun 1970, dia akan rugi besar jika dikembalikan tanpa riba di tahun 2011 sebesar Rp 450.000. Kenapa?


Karena di tahun 1970, dengan uang Rp 450.000 dia bisa beli 937 gram emas dan dapat mengongkosi 2 orang untuk naik haji berikut uang sakunya.


Sementara di tahun 2011, dia cuma bisa beli 1 gram emas saja dan tidak bisa dipakai untuk naik haji. Jangankan buat naik haji. Untuk tamasya ke Bali pun tidak cukup.


Sebaliknya jika dia meminjamkan uang dalam bentuk emas, yaitu 937 gram emas di tahun 1970, maka di tahun 2011 pun dia tetap bisa naik haji sebab tahun 2011 nilai emas naik jadi Rp 42 juta.


Jadi jika kita memakai uang emas, tanpa mengambil riba pun kita tidak akan rugi. Sementara dengan uang kertas akan sangat merugi. Jadi riba lebih mudah dikikis jika kita menggunakan uang emas dan uang perak.


Mohon sebarkan informasi ini ke milis-milis, blog, dan website yang anda miliki. Jangan lupa cantumkan URL sumber:


http://media-islam.or.id/2011/06/28/uang-dinar-emas-dan-dirham-perak-%E2%80%93-solusi-islam-mengatasi-riba-dan-inflasikemiskinan


Bagi yang ingin membeli atau menjual Dinar Emas atau Dirham Perak bisa klik ini:


http://media-islam.or.id/jual-beli-dinar-emas




 



 


Referensi:


http://wakalanusantara.com


http://geraidinar.com


http://abinaraihan.wordpress.com/2010/11/15/bukti-stabilitas-nilai-dinar-dan-dirham/


http://encarta. msn.com/encyclop edia_761556418_ 3/money.html


all IMF members defined the value of their own currencies in terms of the dollar and, second, because the United States agreed to convert all dollars held by foreign governments into gold on demand and at the exchange rate agreed on when the IMF was established. Officially, this meant that the world was on a “gold exchange standard” since governments could change their currencies into gold via the U.S. dollar.


So long as the United States had most of the world’s gold supply, as was true after World War II, this system worked fairly well. When the quantity of dollars held by foreign governments began to exceed U.S. gold holdings by large amounts, however, the system started to falter.


By the early 1970s foreign government holdings of U..S. dollars were over five times greater than the U.S. gold stock. In August 1971 President Richard M. Nixon suspended gold payments of U.S. dollars.


This closing of the “gold window” effectively ended all ties between the U.S. dollar and either gold or silver. Since then the United States has had a fully managed currency system, one with no metallic base whatsoever. United States citizens are free to own, buy, and sell gold, but its price is determined in the same way as any other freely traded commodity—on the basis of supply and demand. Gold no longer serves as a medium of exchange. Federal Reserve notes are overwhelmingly the dominant form of currency in circulation today.


MBM TEMPO › Print Article


Lagi pula, mulai 1970 subsidi haji diberhentikan. Ini mengakibatkan Ongkos Naik Haji (ONH) tahun 1969/1970 sebesar Rp 182.000, naik dari tahun sebelumnya …


http://majalah.tempointeraktif.com/id/cetak/1978/08/26/EB/mbm.19780826.EB7260


Pada tahun 1970, ketika emas masih dijadikan standar mata uang dunia dalam perjanjian Breton Woods harga emas dunia saat itu berada pada angka US$ 35.94/Oz. Dengan nilai tukar Rupiah Rp 415/US$; maka harga emas saat itu di Indonesia berada di kisaran Rp 480/gram.


Kini setelah 40 tahun berlalu, harga emas menjadi US$ 1,109/Oz dan dengan nilai tukar Rp 9,175/US$ harga emas dalam Rupiah menjadi di kisaran Rp 327,000/gram. Artinya setelah 40 tahun, nilai US$ terhadap emas tinggal tersisa 3.24% dan nilai Rupiah tinggal 0.15%.
http://www.emas24.com/index.php?option=com_content&view=article&id=127:bagaimana-menduga-daya-beli-uang-kertas-terhadap-emas-berahun-tahun-kedepan&catid=25:the-project&Itemid=44


http://www.kaskus.us/showpost.php?p=33398771&postcount=5

5 komentar:

  1. The FED = Bank Sentral AS ?
    Maaf pak... The Fed =/= Bank Sentral AS
    Tapi BANK SWASTA

    bisa dibaca disini
    http://www.apfn.org/apfn/reserve.htm

    dollar = Federal Reserve Notes
    ( silahkan diamati baik-baik pada lembar uang dollar dibawah ini )

    http://www.sciencebuzz.org/sites/default/files/images/800px-Usdollar100front.jpg

    ( letakya di sebelah kiri atas... dibawah angka 100 )

    Nah yang menarik dari Rupiah...
    Faktanya pun sama dengan US Dollar
    Silahkan lihat di lembar uang Rp 50.000
    ( atau pecahan rupiah lainnya juga sama )
    Untuk pecahan 50 Ribu...
    Lihat kata-kata di bawah gambar pura
    Berikut ini kalimatnya...
    dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
    BANK INDONESIA MENGELUARKAN uang
    sebagai alat pembayaran yang sah
    dengan nilai lima puluh ribu rupiah

    ada pertanyaan menarik
    apa yang dimaksud dengan alat pembayaran yang sah
    ( pembayaran untuk apa ? )

    untuk memberikan gambaran yg lebih baik
    mari kita lihat lagi pada lembaran uang US Dollar
    pada kiri bawah
    ( diatas tanda tangan )
    ada kata-kata

    This Note is legal tender
    For all debts, public and private

    kalau diterjemahkan menjadi
    Nota ini adalah alat pembayaran yang sah
    Untuk utang publik dan swasta

    Lho utang publik ?
    kalau swasta jelas...
    jika kita pinjam ke bank berupa rupiah
    maka wajar jika mengembalikan rupiah

    lalu utang publik ? berupa apa ?
    berupa Surat Utang Negara Republik Indonesia
    ( bisa dengan nama SUN, ORI, Sukuk, dll )
    kemanakah Negara berutang ?
    yang jelas tak peduli pada siapa
    yang menjadi soal adalah negara harus mengembalikan utangnya berupa rupiah juga
    ( padahal Rupiah... dicetak oleh BI )
    itu artinya utang pemerintah dibayarkan ke BI

    yah... saya akui fakta ini sulit dimengerti

    BalasHapus
  2. Jadi, berapa harga pisang di Zimbabwe sebenarnya? loh?!

    Jadi, begitu ya.

    Komentar sya : artikelnya teramat panjang ditambah hanya seidkit gambar, bikin saya agak pusing bacanya. ;D

    BalasHapus
  3. [...] http://media-islam.or.id/2011/06/28/uang-dinar-emas-dan-dirham-perak-%E2%80%93-solusi-islam-mengatas... Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

    BalasHapus
  4. Izin copas ke NabungDinarEmas.co.cc.

    Artikel sangat menarik, mudah dicerna dengan bahasa yang singkat, namun lengkap dengan penjelasannya.

    BalasHapus