Rabu, 12 Maret 2008

Tips/Cara Membuat Website di Internet


Mungkin anda pernah mendengar atau membaca seperti ini:


http://republika.co.id


http://www.detik.com


http://eramuslim.com


Itu semua adalah laman, website atau situs Internet. Bagaimana cara membuatnya? Anda ingin tahu? Kalau ya, silahkan baca artikel ini.



Manfaat website bermacam-macam. Bisa untuk memuat berita/informasi seperti situs di atas. Bisa untuk promosi atau memasarkan produk/jasa dari usaha yang anda miliki contohnya www.sendailogistics.com . Bisa juga untuk berdakwah atau sarana pendidikan contohnya www.media-islam.or.id, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


Saat ini ada lebih dari 1,2 milyar pengguna internet di dunia dan 30 juta di Indonesia. Oleh karena itu jika anda punya situs di Intenet, itu akan membantu pengguna Internet untuk mengetahu produk/jasa/dakwah anda. Misalkan anda berjualan sepatu dan punya website yang sudah didaftarkan di Internet, maka ketika orang mencari jual sepatu lewat mesin pencari, website anda bisa muncul.


Sebagai contoh jika di www.google.com kita ketik key word dengan “Media Islam” (dengan atau tanpa tanda kutip) maka akan muncul situs www.media-islam.or.id di halaman pertama.



Pemilik situs www.sendailogistics.com membuat website agar ketika orang kontak lewat telpon atau email, tinggal menunjuk situsnya sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan prosedur dan rincian pengiriman barang.


Jika anda berjualan baju atau sepatu misalnya, dengan menampilkan gambar contoh berikut pilihan warna dan ukuran di internet, maka calon pembeli tinggal memilih model, warna, dan ukuran yang sesuai, kemudian BARU anda membuat baju/sepatu tersebut. Dengan cara ini anda terhindar dari resiko kerugian membuat produk yang tidak laku.


Bayangkan, jika anda harus membuat baju atau sepatu dulu ada kemungkinan 70% produk yang anda buat tidak laku terjual. Karena bisa saja pembeli tidak cocok dengan modelnya. Jika cocok dengan modelnya, belum tentu cocok dengan warnanya. Jika cocok dengan keduanya, belum tentu ukurannya cocok. Jika produk anda bernilai Rp 100 juta, maka kerugian anda karena produk tidak laku bisa mencapai Rp 70 juta. Jadi penawaran produk di website Internet bisa meminimalisir kerugian tersebut.


Di www.media-islam.or.id dan www.syiarislam.wordpress.com saya memuat berbagai artikel Islami seperti ”Bukti Tuhan itu Ada” untuk menambah keimanan. Dalam setahun ada 440 ribu page view yang diakses orang dari seluruh dunia. Coba seandainya kita cetak brosur dengan biaya @ 100, maka kita perlu Rp 44 juta/setahun untuk ongkos cetak dan distribusinya. Padahal biaya yang saya keluarkan waktu itu kurang dari Rp 2 juta.


Ok, setelah kita paham manfaat Internet, lalu bagaimana cara membuatnya?


Di Internet ada provider laman gratisan seperti www.wordpress.com. Namun ini tidak boleh digunakan untuk komersial atau berdagang. Selain itu nama domainnya pun ada embel-embel nama provider tersebut seperti namaperusahaananda.wordpress.com. Ini mengurangi bonafiditas perusahaan anda (selain sebetulnya melanggar aturan).


Tapi jika kantung anda cekak dan ingin berbisnis, lebih baik pakai blogspot.com. Blogspot lebih toleran dalam hal bisnis sehingga anda bisa menambah bermacam link bisnis di situ seperti google adsense, dan sebagainya.


Anda juga bisa mendapatkan nama domain gratis yang tidak seperti “gratis” seperti www.alwashiyyah.co.cc

Namun setelah setahun, anda biasanya diminta untuk membayar. Jika tidak, maka performancenya sangat buruk dan kita malas untuk memakainya. 


Bandingkan dengan domain seperti namadomain.co.id. Nyaris tak ada beda kan? Untuk dapat nama domain gratis bisa daftar dengan mengklik:


http://www.co.cc/?id=151405


Setelah dapat nama domain gratis, misalnya namaanda.co.cc, anda bisa dapat webhosting gratis untuk tempat file-file domain anda. Anda bisa klik:


http://www.000webhost.com/80003.html


Anda harus mengisi nama domain anda di situ, misalnya namaanda.co.cc. Kemudian anda akan mendapat NS1, dan NS2 (misalnya: ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com) untuk diisikan nanti di co.cc.


Setelah itu anda tinggal setup DNS di co.cc dengan mengisi Name Server (NS) sesuai dengan NS1 dan NS2 yang anda dapat dari Webhost.


Jika sudah bisa diakses, jangan lupa ke Control Panel di Webhost dan klik Fantastico. Di situ anda bisa menginstall CMS seperti Wordpress secara otomatis. Setelah itu anda bisa merubah logo, mengisi tulisan, dan sebagainya.


Hasilnya cukup bagus. Tapi berhubung gratis, ada batasannya. Jika dalam seminggu pengunjung kurang dari 10 dan dalam 10 hari tidak diupdate, website anda bisa hilang... Bayangkan jika website itu bertahun-tahun anda isi kemudian hilang. Apa tidak menyesal?


Jika anda ingin membuat domain sendiri misalnya www.sendailogistics.com, maka anda perlu beli domain sendailogistics.com dan juga hosting untuk domain tersebut. Besarnya sangat variatif. Untuk domain sekitar Rp 80 ribu per tahun. Ada pun untuk hosting, ada yang gratisan (tidak direkomendasikan karena banyak persyaratan dan kualitasnya buruk), ada yang Rp 100.000-400.000/tahun, ada pula yang sampai Rp 3 juta lebih per tahun. Biasanya harga seiring dengan kualitas.


Kalau itu sudah ada, anda tinggal mengisi website anda. Ada yang memakai static HTML yang sulit dirubah. Ada pula yang memakai CMS (Content Management System) seperti Wordpress, Joomla, dan Drupal. Dengan CMS anda bisa mengupdate website anda dengan mudah. CMS ini, misalnya wordpress, dapat anda download di www.wordpress.org.


Untuk menginstall Wordpress atau CMS lain, anda perlu membuat Database MySQL berikut user name dan passwordnya melalui control panel hosting anda. Kemudian upload wordpress ke root www di hosting anda. Extract, kemudian jalankan dengan mengetik www.domainanda.com (.com bisa dirubah dengan .co.id, dsb). Isi nama database, username, dan password serta Judul dari situs anda.


Selain Wordpress, anda bisa memakai CMS lain seperti Joomla dan Drupal.


Sebetulnya prosedur di atas tidak rumit. Tapi jika anda kesulitan, anda bisa minta bantuan jasa web developer untuk itu. Biayanya antara Rp 500 ribu hingga ratusan juta rupiah. Tergantung siapa orangnya dan juga kerumitan dari situs tersebut. Yang paling enak bikin sendiri karena gratis...:)


Jika sudah beres, jangan lupa daftarkan situs anda di www.dmoz.org agar situs anda bisa dicari melalui mesin pencari (Search Engine) seperti www.google.com, www.yahoo.com, dsb. Jangan sampai uang dan tenaga anda terbuang sia-sia karena tidak terdaftar di sana.


Setelah itu anda harus berusaha mengupdate dan mempromosikan website anda sehingga bisa menempati peringkat pertama di Search Engine untuk kata-kata kunci yang anda inginkan. Misalkan anda dagang rumah, anda tentu ingin ketika orang mengetik rumah maka nama website anda muncul di urutan pertama. Untuk itu anda perlu mempelajari SEO (Search Engine Optimization). Sebagai contoh untuk key word Media Islam ada 66,3 juta lebih halaman yang muncul. Kalau website kita ada di urutan ke 100 saja niscaya tidak akan terbaca oleh orang-orang.


Demikian sekedar tips dan info singkat dari saya tentang cara membuat website di Internet. 


Jika tidak jelas juga, silahkan lihat komentar di bawah dan baca buku-buku tentang itu (mau buat buku sendiri tapi butuh banyak waktu). Jika memang tidak sanggup juga dan ada dana, bisa kontak  usahamuslim@media-islam.or.id untuk pembuatan website all in (terima beres) dengan biaya 2 dinar (saat ini rate 1 dinar=Rp 2,1 juta di www.wakalanusantara.com  ). Silahkan baca:


http://media-islam.or.id/2010/07/22/pembuatan-website-seharga-2-dinar




Insya Allah dengan (sebagai contoh) posisi di halaman pertama dari lebih 66 juta laman untuk keyword tertentu, biaya sebesar itu cukup pantas ketimbang murah sekali tapi tidak ada penontonnya..:)


Semoga bermanfaat.

55 komentar:

  1. Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan Wordpress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/

    BalasHapus
  2. Riskal Muslim Hukum14 Maret 2008 01.39

    Tolong kirimkan materi-materi tentang akidah islam, juga materi lainnya terima ksih

    BalasHapus
  3. TERIMAKASIH, BANYAK

    BalasHapus
  4. sayang, dari tempat gw gak bisa ftp, jadi uploadnya manual, satu persatu.. capek... nanti lanjut lagi... trims deh..

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum.
    trims atas tipsnya, tapi tolong kirimkan tentang tutorial cara membuat website dari A sampai Z (dari dasar hingga bisa dionlainkan )
    Syukron Jazakumullah
    Wasalamualikum

    BalasHapus
  6. untuk belajar tidak ada salahnya dicoba beberapa penyedia domain gratis seperti www.co.cc dan hosting gratis di www.000webhost.com, kualitas tidak kalah dengan hosting yang berbayar

    BalasHapus
  7. Agus Purwonugroho P22 Juli 2008 01.32

    Kalo buat wibe site tanpa biaya berarti ngk ada ya......

    tolong attach ke email saya ya...agoes_purwo@yahoo.com

    Syukron....

    BalasHapus
  8. Kalau pakai wordpress.com, misalnya syiarislam.wordpress.com, nama domain dan hostingnya gratis (tapi ada embel2 wordpress).

    Kalau pakai nama domain sendiri, misalnya media-islam.or.id, untuk nama domain bayar. Untuk hosting bisa cari yang gratis, yang murah, sedang, atau mahal.

    Tapi pengalaman saya saat ini menunjukkan harga sesuai kualitas (saya belum coba ooowebhost.com). Perbedaannya dari masalah bandwidth, kecepatan dan jatah bandwidth. Sering situs tak bisa diakses karena sudah melebihi jatah.

    Tentu saja kita harus punya akses internet. Di Warnet kita harus bayar. Tapi di rumah orang tua mungkin gratis.

    Semuanya memang relatif.

    BalasHapus
  9. trim tapi saya masih bingung

    BalasHapus
  10. Buat belajar, coba:
    http://blogdetik.com

    Pilih Pendaftaran dulu. Setelah itu coba utak-atik/belajar sendiri.

    BalasHapus
  11. kasi tw donk cara yang lebih detail buat wesite???ya,... tolong bls ke email saya.

    BalasHapus
  12. tolong kirim ke email saya cara yang lebih mudah dimengerti cos sy masih bingung

    BalasHapus
  13. Selamat Siang,
    Saya mau bertanya :
    Saya mempunyai Website dan saya ingin ketika orang mengetik kata "indo" atau "trophy" atau juga "anodize" saja, website yang kita punya terbuka dan memudahkan konsumen untuk mencarinya..
    bagaimana caranya untuk bisa seperti itu?
    Apa langkah2 awal yang harus saya lakukan?

    Terima Kasih...

    BalasHapus
  14. Bagi yang mau belajar mungkin step by step hingga tak terlalu pusing.
    Buat langkah awal coba www.blogdetik.com atau www.wordpress.com
    Jika ingin detail, coba cari di www.ilmukomputer.com. Sebab situs ini fokusnya tentang Islam. Ada pun pembuatan web sebagai pengantar untuk dakwah lewat internet.
    Bagi pak Novel, pertama Meta Tag: Title, Description, dan key word harus diisi dengan kata yang anda inginkan. Sebaiknya di halaman depan ada key word tsb berikut artikelnya.
    Utamakan penggunaan html/php, karena flash tidak dikenal oleh search engine.
    Selain itu daftarkan situs anda di www.dmoz.org.

    BalasHapus
  15. aq masih awal belajar internet.sedangkan aku pingin banget karya2 ku di baca oleh orang banyak oleh karen itu tolong kirimin cara yang jitu ngeblok yg baik.dong terima kasih

    BalasHapus
  16. seep... memang sekarang gampang banget untuk memiliki website sendiri. kita bisa memakai program cms sperti joomla,wordpress,drupal dll. ni ada sedikit tambahan disini http://tutorialvb.site40.net moga bermanfaat

    BalasHapus
  17. daffa Dhigdaya28 Oktober 2008 01.32

    saya bikin blog sudah bisa, cuma kok belum bisa di akses, alamat yang saya buat tidak muncul ketika saya mencoba untuk menelusurinya, mohon informasinya, syukron

    BalasHapus
  18. Trim's atas triknya...
    saya uda coba,,tp msh bingung...
    pliz kirimin tutorial yang paling sederhana cara mengupload HTML ke internet biar bisa diakses semua orang y...
    krim k e-mail saya y...
    thanx bgt...

    BalasHapus
  19. cara membuat website secara mudah

    BalasHapus
  20. cara buat website gimana?tolong di bantu,soalnya baru di kasih tugas.........

    BalasHapus
  21. saya ingin sekali memuat cerita/novel yg saya buat di internet tp saya

    BalasHapus
  22. Salam.
    Trim atas artikelnya, sangat membantu dalam membuat web. Saya mempunyai web gratis, tapi rasanya kurang resmi kalau untuk lembaga. Pertanyaan saya, kira-kira situs web resmi yang mana yang rating penggunaanya banyak digunakan dan mudah dikelola? Dan langkah-langkah pengelolaannya apa semudah web gratis?
    Syukran katsir atas jawabanya.

    BalasHapus
  23. info cara buat website simple banget,
    untuk panduan bukunya bisa kasih info.
    ...tx banget....

    BalasHapus
  24. aku punya web : http://global-medical.info/ saya instal pakai drupal, bagaimana cara membuat sitemapnya aku bingung dech

    BalasHapus
  25. Assalammualaikum.
    terimaksih atas bantuannya, berhubung saya masih awam ttg internet saya masih bingung.
    Ada penjelasan yang lebih detail lagi gak? kaya tutorial satu per satu agar mudah dimengerti oleh orang seperti aku, mksih.
    Wassalammualaikum.

    BalasHapus
  26. we ajarin dong buat wep\b

    BalasHapus
  27. artikelnya menarik ajarin ya buat webnya

    BalasHapus
  28. mohon panduannya kirem ke elmail saya

    BalasHapus
  29. assalamu'alaikum
    saya udah baca artikel anda tapi maaf ya saya kurang jelas bagaimana cara membuat website sendiri..tolong jelasin dong yang lebih jelas.. truss gimana caranya supaya background web say tuh gambar mesjid or ka'bah..
    tolong kirimin melalui email saya ya ke pnurkhafni@yahoo.com .
    sebelumnya makasih ya.....

    BalasHapus
  30. ok banget infonya, sangat bermanfaat. potonya manis sekali, semoga menjadi anak yg sholihah, amin ! salam suskses

    BalasHapus
  31. makasi atas tipsnya, ,
    tapi apa g' ada membuat situs itu secara gratis ne??

    bgi tipsnya lagi ya!!

    BalasHapus
  32. assalamu'alaikum
    saya ingin punya website tapi belum punya produk ataupun artikel2 yang akan saya publikasikan cuma sudah ada rencana ke arah sana tapi gimana caranya supaya saya punya websitenya dulu aja terima kasih. wassalam

    BalasHapus
  33. Setelah membaca artikel anda saya sebagai pemula mempunyai gambaran cara mmbuat website, tolong yang lebih detil lagi tahapan cara membuat website dari awal sd selesai, terimakasih.

    BalasHapus
  34. Bagi yang merasa masih kesulitan, coba dulu:
    http://blogdetik.com
    Klik "Daftar Sekarang"

    Kalau mau lebih detail, coba baca buku cara buat blog misalnya dengan Wordpress atau Joomla. Di Gunung Agung banyak kok. Atau coba dulu tutorial yang ditawarkan mas Sigit di komentar ini.

    Untuk kepraktisan pemakaian dan SEO, Wordpress sangat baik untuk sekedar menampilkan berita. Kalau yang featurenya banyak dan powerful, menurut teman2 saya Drupal lebih baik. Tapi saya cuma coba sekilas saja. Jadi tidak bisa komentar apa-apa.

    Mau sih membuat yang lebih detail seperti buku, namun saat ini waktu saya sangat terbatas.

    BalasHapus
  35. Makasih Infonya.....

    ajarin lebih detail lagi donk cara mmbuat web

    BalasHapus
  36. fawwaz al islami26 Februari 2009 18.06

    Assalamualaikum w w akhi ane kurang jelas !!!!bisa kirim materi cara membuat web secara rinci ane baru belajar internet jazakumullah khoir

    BalasHapus
  37. wah..... kalau untuk SEO nya gmn caranya??
    g sekalian di terangin mas?

    www.atifhidayat.wordpress.com

    makasih mas

    BalasHapus
  38. Untuk SEO itu perlu pembahasan tersendiri agar artikelnya juga tidak mengambang. Ada cara yang legal dari pendaftaran ke search engine, pemakaian meta description dan tag yang sesuai, penamaan URL, dsb.
    Insya Allah nanti kalau ada waktu akan saya buat.

    Kebetulan ada penerbit yang menawarkan untuk membuat buku tentang web design. Nah kalau jadi ada yang mau beli tidak...??? :)

    BalasHapus
  39. Aku pengen membuat web,bimbing aku ,tolong.

    BalasHapus
  40. ya sekedar saran sih, mending berlatih pake yang gratisan dl, seperti blogger atau wordpress. untuk mslh domain ( .com dll ) bisa ditentukan kl hasilnya sudah memuaskan. melihat contoh hasil menggunakan blogger bisa langsung klik nama saya.

    BalasHapus
  41. ass,,,,,,,,,tlg ya bagaimana cara membuat website,,,,,soalnya saya bru mau bljr ini.,,,,,,,,,tlg y krm kn ke mail saya................?

    BalasHapus
  42. saya tnggu scpt nya,,,,,,,,,,,,,,,,,soal nya ni pnting bngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet,,,,,,,,,,,,,,,,,?

    BalasHapus
  43. Terimakasih, possting anda sangat membantu ..

    BalasHapus
  44. Posting yang sangat bermanfaat semoga memberikan pencerahan buat yang lain.

    BalasHapus
  45. Bagus postingnya. Jika mau buat website untuk jualan online, silakan coba CMS:
    zencart (http://zencart.com)
    oscommerce (http://oscommerce.com)

    semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  46. Terima kasih banyak atas artikelnya
    Bisa tambah2 ilmu kita yang masih kurang
    Semoga banyak yang buat web site
    kemudian berani berbisnis dan menulis artikel
    akhirnya menjadi penulis yang dahsyat dan bermanfaat buat umat
    Bravo entrepreneur Indonesia !

    BalasHapus
  47. saya baru membuat web... tolong donk bagimana caranya web saya mudah terbaca oleh googke??

    BalasHapus
  48. Siapakah yang punya panduan membuat Moodle, saya sangat membutuhkannya. Kalau punya tolong kirimkan ke wagiransuwito@yahoo.com.

    BalasHapus
  49. @Supriyadi Rahayu: SIlakan cek website tentang cara membuat website ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

    BalasHapus
  50. Slam kenal mas.. Infonya keren. bermanfaat banget buat temen2 semua..

    BalasHapus
  51. trims, infonya..
    tapi saya belum paham betul,

    BalasHapus
  52. Saya ingin di buatkan website untuk memasarkan kos Kosan saya yang di jatinangor apakah bisa di bantu dan berapa biayanya terimakasih

    BalasHapus
  53. Trim's y atas infonya..

    BalasHapus